Your Adsense Link 728 X 15

Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri & Paralel

Posted by Benjoel Sabtu, 10 November 2012 2 komentar



    MEMBUAT RANGKAIAN SERI DAN PARALEL
Rangkaian Listrik


Dasar Teori
Rangkaian Seri adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara sejajar (seri). Rangkaian Paralel adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara berderet (paralel). Gabungan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel disebut rangkaian seri-paralel (kadang disebut sebagai rangkaian campuran).

Tujuan
1. mengenalkan alat-alat dan bahan yang di gunakan dalan pembuatan rangkaian elektronika.
2. Mengenalkan bagaimana cara merangkai suatu rangkaian elektronika
3. melatih peserta didik dalam merangkai suatu rangkaian elektronika

Alat dan Bahan
1. PCB
2. 2 Buah LED
3. 2 Buah Resistor
4. Kabel
5. Solder
6. Timah
7. Multimeter / Multitester / Avometer

Langkah Kerja

Membuat rangkaian di PCB :
1. Siapkan alat-alat yang akan di gunakan.
2. Periksa setiap peralatan yang akan di gunakan, apakah masih bisa digunakan atau tidak.
3. Panaskan solder sebelum di pakai.
4. Sediakan PCB dan timah
5. Pasangkan bahan-bahan yang akan di rangkaikan pada PCB.
8. Setelah semua bahan di rangkaikan, tes rangkaian yang kita buat dengan menggunakan
multimeter / multitester / avometer
6. untuk mengetahui apakah rangkaian yang kita buat menyala atau tidak.
7. Apabila tidak menyala, cek kembali sambungan pada rangkaiannya. Dan cek pula apakah
posisi kutub positif dan kutub negatif pada LED dan resistor sudah benar.
8. Apabila sudah menyala, solder bagian bawah bahan-bahan yang sudah dirangkaikan di PCB
agar tidak mudah lepas.
9. Setelah itu rangkaian siap digunakan.

Cara menyolder :
1. Panaskan solder sebelum di gunakan.
2. Apabila solder sudah panas, tekan solder pada lubang yang ada di PCB.
3. Kemudian di ikuti oleh timah. Atau bisa juga timah dan solder di letakan secara
bersama-sama.
4. Tempelkan timah pada solder, sehingga timah meleleh.
5. Setelah lubang pada PCB tertutup oleh timah, pindahkan solder dan timah ke lubang
lubang berikutnya.

Hasil Pengamatan
Untuk rangkaian seri resistor, dan LED di letakan sejajar.  Dan posisi kedua LED harus negatif dan positif tidak boleh sama.
Untuk rangkaian paralel, resistor dan LED dipasang bebas tidak harus sejajar. Dan posisi kedua kutub LED pun tidak mempengaruhi rangkaian.
Pembahasan
Pada praktikum kali ini, kita mempelajari bagaimana cara menyolder yang baik pada rangkaian elektronika. Sebelum mulai menyolder ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Pada saat menyolder posisi wajah jangan terlalu dekat dengan PCB tang sedang di solder, karena dihawatirkan uap timaah yang digunakan untuk menyolder itu terhirup oleh kita. Karena apabila uap timah itu terhisap oleh kita, itu dapat mengganggu kesehatan kita.
Praktik pertama yang kita lakukan adalah membuat rangkaian seri. Sebelum kita melakukan pemasangan pada PCB, pertama sediakan alat dan bahan-bahan yang akan di gunakan untuk membuat rangkaian. Setelah itu pasangkan resistor dan LED secara sejajar (seri). Kemudian hubungkan kaki-kaki resistor dengan LED pertama, kemudian hubungkan kaki LED pertama dengan LED kedua. Setelah semua terhubung tes dengan menggunakan multimeter / multitester / avometer apakah rangkaian yang kita buat sudah benar atau belum. Apabila kedua LED telah menyala semua berarti rangkaian kita sudah benar. Apabila sudah benar supaya tidak mudah lepas, kita harus menyolder rangkaian yang kita buat.
Kemudian praktik yang kedua adalah membuat rangkaian Paralel. Ada sedikit perbedaan pada pemasangan rangkaian seri fengan paralel, perbedaannya adalah resistor dan LED secara berderet (paralel). Kemudian hubungkan kaki-kaki resistor dengan LED pertama dan LED kedua, kemudian hubungkan kaki-kaki LED pertama dengan LED kedua yang satu lagi. Setelah semua terhubung tes dengan menggunakan multimeter / multitester / avometer apakah rangkaian yang kita buat sudah benar atau belum. Apabila kedua LED telah menyala semua berarti rangkaian kita sudah benar. Apabila sudah benar supaya tidak mudah lepas, kita harus menyolder rangkaian yang kita buat.

Kesimpulan
Sebelum mulai menyolder ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Pada saat menyolder posisi wajah jangan terlalu dekat dengan PCB tang sedang di solder, karena dihawatirkan uap timaah yang digunakan untuk menyolder itu terhirup oleh kita. Karena apabila uap timah itu terhisap oleh kita, itu dapat mengganggu kesehatan kita.
Pada rangkaian seri, resistor dan LED dipasang secara sejajar (seri). Sedangkan pada rangkaian Paralel resistor dan LED secara berderet (paralel). Setelah semua beres dirangkai tes rangkaian yang kita buat dengan menggunakan multimeter /multitester/avometer.

SEMOGA BERMANFAAT!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jjancok

Unknown mengatakan...

wahh terimakasih banyak gan untuk artikelnya, sangat bermanfaat sekali, juga berguna bagi semuanya . . kunjungi juga gan http://www.rajalistrik.com/


terimakasih

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts